Tujuh Ide Mainan Anak Buatan Sendiri ala Ibunya Fatih

Selalu ada waktu untuk bermain bersama anak -emakgaoel-
Quote di atas epic banget yaa Mak. Karena kalo buat saya yang memutuskan menjadi ibu di rumah tanpa asisten, ternyata oh ternyata bisa habis waktu karena keasikan printilan kerjaan rumah, terutama; masak dan mencuci. Ini nyata terjadi, mamak-mamak yang sering kejadian begini mana suaranya??! Kalian luar biasaaaah, haha. Oke, kalau kerjaan rumah mah dibahas gak ada habisnya yaa, maka dari itu saya jadi punya niatan buat bikin tulisan tentang bermain bersama anak, lebih spesifik lagi bermain mainan buatan sendiri bersama anak.

Kenapa harus mainan buatan sendiri sih? Kan ribet. Iya, agak sedikit ribet memang, apalagi saya merasa awalnya nggunting kok miring, nggambar kok jelek, warnai gambar kok awut-awutan. Tapi justru itu, ada banyak manfaat bermain mainan sendiri bersama anak. Gak hanya bermain lho Mak, kita juga melibatkan anak dalam membuat mainannya sendiri. Cara yang ampuh juga ya untuk meningkatkan bonding antara orangtua dan anak serta mengasah kreativitas dan daya imajinasi anak serta orangtuanya.

Saya mulai membuatkan mainan sendiri untuk Fatih (15 bulan saat ini) sejak usianya sekitar 10 bulan. Prinsip pembuatan mainan sendiri bagi saya adalah; bahan-bahannya mudah ditemui, proses pembuatannya tidak memerlukan waktu lama, dan yang terpenting adalah tujuan pembuatan mainan tersebut tercapai. Walau memang mengarahkan anak untuk memainkan mainan yang kita buat bukan hal yang sekali-dua kali bisa dicapai, tapi dengan mengajaknya terus bermain bersama, maka lama-kelamaan anak akan bisa mencontoh apa yang ia lihat dan dengar.

Nah, berikut ini ide mainan anak buatan sendiri ala saya, semoga bisa dipraktikkan di rumah ya

1. Put Your Balls Inside



Bahan yang dibutuhkan:
- kardus
- gunting
- bola warna-warni

Cara pembuatan mainan:
Lubangi salah satu sisi kardus seukuran dengan bola warna-warni yang digunakan, bisa juga diberi sedikit hiasan pada kardusnya agar tambah menarik. Ajak anak memasukkan satu persatu bola melalui lubang pada kardus kemudian mengeluarkannya kembali.

Tujuan pembuatan mainan:
Mengasah fokus mata dan gerak tangan, melatih kesabaran anak karena memasukkan bolanya harus satu persatu, dan mengenal warna lebih banyak.

2. Five Little Butterflies Board



Bahan yang dibutuhkan:
- kertas origami lima warna
- gunting
- lem kertas
- kertas hvs putih
- kardus, gunting satu sisi saja
- double tape

Cara pembuatan mainan:
Bentuk kupu-kupu dari origami sebanyak lima buah, tempel double tape pada sisi belakangnya. Tutorial pembuatan kupu-kupu bisa dilihat disini. Nah, orangtua dapat mengajak anak menempelkan kupu-kupu satu persatu sambil menghitung atau menyebutkan warnanya.

Tujuan pembuatan mainan:
Mengenalkan hewan kupu-kupu yang dapat terbang dan hinggap, menghitung sederhana 1 sampai 5, dan mengenal warna lebih banyak.

3. Get Your Sticks


Bahan yang dibutuhkan:
- Beberapa buah stik es krim atau bisa diganti dengan potongan kardus memanjang
- Satu buah kardus
- Gunting

Cara pembuatan mainan:
Tusuk-tusuk salah satu sisi kardus seukuran dengan stik es krim atau potongan kardus memanjang. Ajak anak menancapkan stik es krim satu persatu pada sisi kardus yang telah banyak dilubangi. Selain menancapkan anak juga bisa diajarkan untuk mencabutnya satu persatu.

Tujuan pembuatan mainan:
Melatih koordinasi gerak tangan dan mata dan melatih kesabaran anak.

4. Wayang Mobil


Bahan yang dibutuhkan;
- Kertas origami berbagai warna
- Kardus tipis
- Gunting
- Lem

Cara pembuatan mainan:
Buat bentuk mobil-mobilan berbagai bentuk pada origami, tempelkan potongan memanjang kardus tipis sebagai pegangan wayangnya. Ajak anak berimajinasi bahwa mobil-mobilan tersebut bisa tertib berjalan di jalan raya, atau orangtua dapat memodifikasi cerita sesuai kebutuhan pada anak.

Tujuan pembuatan mainan:
Mengasah daya imajinasi anak dan mengenal warna lebih banyak.

5. Lets Colour!


Bahan yang dibutuhkan:
- Satu buah karton putih besar
- Lakban bening
- Crayon

Cara pembuatan mainan:
Tempel karton pada dinding menggunakan lakban kemudian ajak anak bermain dengan crayonnya. Orangtua dapat menuliskan sambil mengucap namanya, benda-benda yang ada di rumah, atau kegiatan sehari-hari yang anak lakukan.

Tujuan pembuatan mainan:
Melatih genggaman anak saat memegang crayon, mengenal nama diri sendiri, dan mengenal benda-benda dirumah.

6. Mister Itsy Bitsy Spider


Bahan yang dibutuhkan:
- Kertas hvs putih
- selotip
- gunting
- sedotan

Cara pembuatan mainan:
Gunting kertas hvs berbentuk bulat, kemudian tempelkan sedotan sebanyak delapan buah menyerupai kaki laba-laba. Ajak anak bernyanyi lagu itsy bitsy spider sambil menggoyang-goyangkan laba-laba buatan seolah-olah laba-laba sedang berusaha memanjat saluran air.

Tujuan pembuatan mainan:
Mengenalkan hewan laba-laba yang mempunyai kaki sebanyak delapan buah, mengembangkan daya imajinasi anak, dan mengenalkan cerita laba-laba lewat lagu.

7. My Wardrobe


Bahan yang dibutuhkan:
- satu buah kardus besar
- cutter
- lakban
- penggaris
- pensil
- plastik hitam

Cara pembuatan mainan:
Buat pola pada kardus menyerupai pintu lemari, potong menggunakan cutter. Untuk pegangan pintu lemari, saya menggunakan plastik hitam yang saya bulatkan kemudian lakban dan tempelkan pada kardus. Ajak anak untuk menaruh beberapa sepatunya, atau bajunya, atau mainannya dalam lemari dan ajarkan untuk menyusunnya secara rapi.

Tujuan pembuatan mainan:
Mengenal barang-barang pribadinya dan menyimpannya dalam suatu tempat tertutup dan mengajarkan kerapihan


Selamat mencoba yaaa para orangtua, semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan Populer