Bisa Jadi, Berjualan Daring itu Adalah Gairah Hidupnya

Mau jualan apapun kalau anda jual pasti laku, yang tidak laku itu jika barangnya tidak dijual
-IG Komunitas Bukalapak Jakarta-
Sewaktu membaca unggahan tersebut saya spontan bilang begini dalam hati "Iyah bener banget nih, selama halal dan thoyyib, jualan apa aja pasti laku, yang bikin jadi gak laku adalah cara jualannya". Nah, pada tulisan saya kali ini sebetulnya saya ingin mendokumentasikan perjalanan suami saya  (Mas Ryan) berjualan lewat aplikasi jual beli. Hayooo sebut apa saja aplikasi daring yang suka kamu
 gunakan untuk jual beli~Eits, asal jangan pas jam kerja malah sibuk online shopping yaaa, hihi.


Mas Ryan dan Fatih

Sejak zaman nge-hitsnya BBM, Mas Ryan tuh udah suka banget yang namanya nawar-nawarin barang dagangannya macem jaket, sweater, baju kodok untuk wanita, dll. Dulu doi masih kuliah di Jogja, dan teman-temannya sesama mahasiswa suka beli sama Mas Ryan karena emang barang yang dijual gak mahal, buat gaya-gayaan oke laah, walaupun kualitas mah nomor sekian ya. Alasannya berjualan? Ya, apalagi lah kalau mahasiswa tuh jualan untuk nambah-nambahin uang jajan. Kalau ada lebihnya baru ditabung.

Sampai Tahun 2015 Mas Ryan selalu ngambil barang ke temannya di Jakarta setiap ada pesanan. Jadi, sistemnya emang udah dropship dari dulu. Bermodal katalog produk aja dulu jualannya. Dan doi belum ngeh banget tuh yang namanya aplikasi jual beli macem Bukalapak atau Tokopedia. Sampai pada akhirnya, karena doi kepo nanya sana-sini, mulailah si mas googling Bukalapak dan Tokopedia, bikin akun di sana, dan coba-coba jualan setelah nemu supplier yang terpercaya berdasarkan rating yang sudah diberikan oleh aplikasi tersebut.

Walau pada awalnya konsisten jualan baju wanita, tapi di tengah perjalanannya Mas Ryan berganti haluan jadi jualan cemilan anak-anak. Iya, saya juga awalnya ragu masa iya sih jajanan anak-anak yang mudah kita jumpai di warung maupun minimarket mau dijual via marketplace juga, apa iya laku? Tapi jawaban Mas Ryan saat itu yang masih keinget oleh saya sampai sekarang adalah; "Aku kepengen punya toko suatu saat nanti, jajanan anak-anak modalnya enggak banyak, aku udah tau beberapa tempat yang harga belinya murah, dan peluangnya juga masih besar, Insya Allah laku, toh orang jaman sekarang mau jajan aja pasti ngecek handphone dulu"


Beberapa Barang Dagangan di Lapak

Catatan penjualannya menurut saya pribadi niat banget. Haha. Dari sini saya mulai paham bahwa jualan buat seorang Mas Ryan tuh nggak main-main. Padahal orangnya udah kayak gong, kalau gak ditepok gak bunyi, alias pendiem. Saya suka gak kebayang dulu gimana dia nawarin barang sama orang-orang? Ya, makanya itu, karena teknologi lah setiap orang jadi bisa berjualan.

Perjalanan penjualannya pun membawa toko daringnya menjadi salah satu peserta kegiatan Flash Deal Bukalapak. Wuihhh persiapannya luar biasa waktu itu. Ratusan bungkus cemilan dibelinya sendiri, dibungkusnya sendiri, dikirimnya sendiri. Saya ngapain? Megangin bocah biar gak gangguin bapaknya. Haha.

Penawaran ini tentunya tidak datang begitu saja. Hal ini disebabkan rating tokonya yang baik, respon chat yang baik dan cepat, serta gak pernah capek beli paket promo push biar tokonya selalu jadi yang teratas setiap orang melakukan pencarian. Jangan tanya bagaimana deg-deg-an-girang-manja-idung-megar-megarnya doi waktu pertama kali ada pihak BukaLapak yang menghubunginya langsung, mau mbales chatnya aja semedi dulu, biar gak salah ngetik katanya.


Dokumentasi Kegiatan Flash Deal

Saya bisa lihat jelas rona bahagia dari mukanya yang lempeng itu tiap ponsel berdenting menunjukkan adanya pesanan masuk. Jelas banget. Beda halnya kalau disuruh ikutan tes CPNS, hahahaha (HAMBA TAKUT DURHAKA). Atau suaranya yang penuh nada semangat di ujung saluran telepon, kalau lagi saya cari-cariin padahal doi udah nyangkut di kantor ekspedisi ngirim berkardus-kardus pesanan. Atau malam-malam doi masih diem-diem bae tau-tau bunyi lakban beradu dimana-mana yang tandanya besok ada pesanan yang harus dikirim pagi hari.




Rating Toko Berdua

Perjalanan toko sampai hari ini tentunya tidak instan. Mulai dari modal minim, modal kepake, supplier juga kehabisan stok barang, barang nyasar gak sampe-sampe, atau tiba-tiba orang komplain dan kasih feedback negatif juga ada. Tapi satu hal dibalik semua itu, doi teguh aja gitu, malah kadang saya yang misuh-misuh.

Mas Ryan ini punya cita-cita kepingin punya toko grosir snack offline online. Katanya, ingin memberdayakan banyak orang disekitarnya, ingin lebih banyak berbagi, dan tentunya yaaa mengikuti gairah hati. Yowes lah mas, adek doakan segala perjuangan dan niat baik mas berbuah manis #eaaaa #talenanmanatalenan. Mudah-mudahan Allah ridho ya, yang ikutan baca, saya titip aamiin nya ya. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya. Salam Toko Berdua #ikiopojal





Komentar

Postingan Populer